Survey Kepuasan Masyarakat Semester 1 Tahun 2025
HASIL SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) SEMESTER I TAHUN 2025
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna telah melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester I Tahun 2025 sesuai dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan SKM Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Berdasarkan hasil pengolahan data dari 44 responden, diperoleh nilai:
-
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM): 92,00
-
Kategori: Sangat Baik
Nilai unsur pelayanan (skala 1–4)
-
Persyaratan: 3,8
-
Sistem, mekanisme, dan prosedur: 3,6
-
Waktu penyelesaian: 3,6
-
Biaya/tarif: 3,8
-
Produk spesifikasi jenis pelayanan: 3,8
-
Kompetensi pelaksana: 3,7
-
Perilaku pelaksana: 3,6
-
Penanganan pengaduan, saran, dan masukan: 3,7
-
Sarana dan prasarana: 3,6
Kesimpulan:
Secara umum, hasil SKM Semester I Tahun 2025 menunjukkan bahwa masyarakat merasa sangat puas terhadap pelayanan KPU Kabupaten Natuna.
Namun terdapat beberapa unsur yang menjadi prioritas perbaikan, yaitu sistem/prosedur, waktu penyelesaian, perilaku pelaksana, dan sarana prasarana.
KPU Kabupaten Natuna berkomitmen untuk menindaklanjuti hasil SKM ini dengan langkah perbaikan berkelanjutan, sehingga kualitas pelayanan publik dapat terus ditingkatkan.
Laporan lengkap hasil Survei Kepuasan Masyarakat Semester I Tahun 2025 dapat diunduh pada tautan berikut:
[LINK DOWNLOAD LAPORAN SKM 2025]